Sinar Matahari Buat Rambut Mudah Patah dan Rontok

KOMPAS.com - Rambut adalah “mahkota” berharga wanita.  Rambut  indah dan sehat, bisa menunjang penampilan. Jadi, jangan heran, jika ada seorang wanita yang panik atau melakukan serangkaian perawatan untuk mengatasi rambut yang rontok. Sebab, tampilan rambut yang kurang maksimal bisa membuat kepercayaan diri wanita menurun drastis.
Nah, sebelum rambut Anda melemah dan kemudian rontok, sebaiknya terapkanlah beberapa perawatan pencegahan dalam aktivitas harian Anda.
1. Jangan mandi air hangat 
Keramas dengan air hangat menyebabkan pori-pori kulit di kepala “mengunci” minyak pada akar rambut. Alhasil,  produktivitas minyak pun meningkat, sehingga  membuat rambut cepat lepek dan sulit diatur.
2. Jangan sering menggunakan alat penata rambut listrik
Pengering rambut atau hairdryer, catokan, dan pengeriting rambut listrik menyebabkan kutikula yang melindungi rambut lemah dan mengering. Alhasil, kelembapan rambut pun berkuang. Jika Anda termasuk wanita yang “kecanduan” menggunakan alat penata rambut listrik, disarankan  lima atau sepuluh menit sebelumnya oleskan serum atau vitamin rambut terlebih dulu.
3. Jangan diet berlebihan
Seorang dermatologis di California bernama Paradi Mirmirani mengatakan, salah satu ciri-ciri orang yang anoreksia adalah rambut yang tipis dan kering. Kondisi tersebut diakibatkan oleh karena asupan gizi yang kurang dan tidak seimbang. Sebab, tubuh yang kekurangan protein berpengaruh pada pertumbuhan rambut yang lambat, bahkan pada beberapa kasus, sama sekali berhenti.
4. Jangan menggosokan handuk ke rambutMenyisir rambut menggunakan sisir yang rapat, dan mengeringkan rambut dengan cara digosok-gosokkan ke handuk adalah cara terburuk mengeringkan rambut. Sebaiknya, sebelum mengeringkan dengan handuk, peras rambut yang masih basah dengan tangan Anda secara perlahan, setelah intensitas air tak lagi pekat, barulah Anda keringkan dengan menekan handuk secara perlahan ke rambut Anda.
5. Jangan mengikat rambut terlalu kencang
Seorang spesialis kesehatan rambut, Doris Day, mengatakan bahwa rambut yang diikat terlalu kencang, akan menyebabkan folikel atau kantung rambut rapuh, dan bisa menghentikan pertumbuhan rambut. Usahakan untuk membiarkan rambut Anda tergerai, terutama saat tidur malam.
6. Jangan sering terjemur sinar matahari
Sinar matahari sangat berpengaruh pada elastisitas dan kekuatan rambut. Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari, menyebabkan rambut mudah patah dan kering. Untuk mencegahnya, sebelum beraktivitas, gunakan produk pelindung sinar matahari khusus rambut.

Related Posts:

0 Response to "Sinar Matahari Buat Rambut Mudah Patah dan Rontok"

Posting Komentar